Connect with us

Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia

Katakan Pancasila Dapat Diubah, Tjokroaminoto Institute Menanggapi Ucapan Rocky Gerung

Published

on

Jakarta, suarasi.com – “Sebagai negara yang mejemuk, Pancasila merupakan produk untuk menyatukan kemajemukan tersebut kedalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Direktur Bidang Pemikiran dan Ideologi Tjokroaminoto Institute, Dede Prandana Putra, saat menanggapi pernyataan Rocky Gerung mengenai Pancasila dapat diubah dalam acara Indonesia Lawyers Club edisi Selasa, 3 Desember 2019.

Menurut Dede, kelahiran Pancasila merupakan ide, gagasan, serta kondisi kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik masyarakat Indonesia yang diambil dari nilai luhur yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Jadi, saat ada pernyataan Pancasila dapat diubah, berarti orang tersebut tidak menghargai hasil pemikiran, ide dan gagasan yang muncul melihat kondisi sosial, budaya, ekonomi serta politik masyarakat Indonesia. Saat Rocky Gerung mengatakan ingin mengubah Pancasila, maka disaat itu juga Rocky Gerung tidak menghormati hasil pemikiran yang digali dari para pahlawan nasional yang memerdekakan bangsa dan negara. Padahal, secara tidak langsung, Pancasila merupakan ciri khas atau kepribadian bangsa dan negara,” tambah alummi jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Padang ini di Jakarta, Rabu (4/12).

Dede mengatakan dari sisi konstitusional, posisi Pancasila merupakan hukum dasar bagi konstitusi lain dibawahnya, seperti UUD 1945, UU dan peraturan perundang-undangan lainnya.

“Sedangkan dari sisi pemikiran dan historisnya, Pancasila lahir untuk mengakomodir pemikiran yang berkembang saat itu yang kemudian dikenal dengan pemikiran kiri-tengah-kanan. Nah, pemikiran kiri-tengah-kanan tersebut diejawantahkan kedalam bunyi teks dan penjelasan Pancasila butir per butir serta sila per sila nya,” jelas pemuda yang pernah berkuliah S2 di jurusan Kajian Ketahananan Nasional Universitas Indonesia ini.

Ia menambahkan hal yang wajar juga jika kemudian pemerintah saat sekarang harus kembali menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Sudah menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk menggalakkan kembali nilai-nilai Pancasila dibalik pertarungan ideologi dunia saat ini. Menjadi kewajiban dan tanggungjawab juga bagi masyarakat untuk mendukung langkah tersebut. Bukan malah dengan mengeluarkan pernyataan yang ingin menghendaki Pancasila diubah. Pancasila itu benda mati, kita masyarakat lah yang harus selalu menghidupinya melalui proses berkehidupan, berbangsa dan bernegara,” tutup Dede.

sumber: pbsemmi.or.id

Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia

SEMMI Jatim Deklarasi “Histeria Millenial Menatap Jawa Timur Makin Berbhineka 2020”

Published

on

By

SEMMI Jatim Deklarasi “Histeria Millenial Menatap Jawa Timur Makin Berbhineka 2020”

sumber: facebook.com/semmi.pwjatim.5

Continue Reading

Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia

SEMMI Jatim Launching UKM Binaan PW SEMMI Jatim CAKRA

Published

on

By

SEMMI Jatim Launching UKM Binaan PW SEMMI Jatim CAKRA

sumber: facebook.com/semmi.pwjatim.5

Continue Reading

Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia

Orsap Syarikat Islam Jelaskan Pentingnya sikap saling menghormati antar umat beragama

Published

on

By

Jakarta, Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) dan Pimpinan Pusat Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (PP PERISAI) siap melibatkan diri membantu pemerintah dalam meningkatkan toleransi beragama menjelang perayaan natal dan tahun baru 2019.

“Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Ibu Kota Negara, sangat mengkhawatirkan, bahkan di posisi ke-27 dari 34 provinsi diseluruh indonesia, tentu ini membuat jiwa kami terpanggil untuk bersama sama pemerintah, aparat keamanan dan seluruh elemen bangsa dan negara, menjaga dan merawat kerukunan umat beragama dan toleransi yang sudah lama ada diIndonesia”Ujar Bintang Wahyu Saputra Ketua Umum PB SEMMI

Bintang menerangkan toleransi kerukunan beragama bisa sangat berpengaruh terhadap keamanan, sosial politik, ekonomi dan sebagainya yang menyentuh sendi sendi berkehidupan, berbangsa dan bernegara.

“Jangan sampai Indonesia seperti suriah, dan mari wujudkan keamanan dan ketertiban nasional sehingga Indonesia menjadi negara paling aman dan toleransi didunia, karena berdasarkan data lembaga riset Numbeo index keamanan kita sudah sangat baik mampu melewati Kuala lumpur dan Manila, dengan bekerja bersama pemerintah, aparat keamanan dan elemen masyarakat kami yakin indonesia dilihat dari Jakarta sebagai ibu kota dan barometer, bisa menjadi negara teraman dan toleran internasional dipenghujung tahun 2019″ucapnya

Senada dengan PB SEMMI, Harjono Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (PP PERISAI), mengajak merawat kerukunan umat beragama serta saling menghormati dan menghargai penganut agama lain dalam melaksanakan ibadah agama sebagai wujud mengamalkan Pancasila.

“Islam agama rahmatan Lil Al-Amin yang artinya membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, oleh karena itu sudah sewajarnya kita saling menghormati antar hak dan kewajiban yang ada diantara kita demi menjaga keutuhan Negara dan menjunjung tinggi sikap saling toleransi antar umat beragama di hari raya umat kristiani dan malam tahun baru 2019” tuturnya.

selain itu menurut Sekjend PP PERISAI ini, sikap saling menghormati antar umat beragama harus mampu tercerminkan melalui tindakan atau perbuatan yang menunjukan saling toleransi setiap umat beragama

“Kita semua tahu bahwa Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya sendiri-sendiri dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya, oleh karena itu kita harus mampu saling mengasihi, menghormati ibadah agama lain, menghormati hari hari besar agama lain, saling menjaga tempat beribadah umat beragama lain, dan tidak saling mengejek agama lain.” ujarnya

“Peran kita sebagai penerus bangsa ialah menjunjung tinggi nilai nilai toleransi agar mampu menjaga kesatuan dan kedaulatan Negara Indonesia ini dari perpecahan” Imbuhnya.

sumber: viva-news.co

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 janoerkoening.com. All right reserved.